TRAIN FOR TRAINER US KAD DAN US PSAK


PRODI STUDI AKUNTANSI UNWAR
SELENGGARAKAN TRAIN FOR TRAINER US KAD DAN US PSAK



IAI Affiliated Campus Program merupakan program kerjasama IAI dengan perguruan tinggi yang memberikan value berupa keanggotaan IAI, pengembangan kurikulum dan silabus akuntansi, IAI Exchange-Share Point, PR services, capacity building bagi perguruan tinggi, kesempatan magang bagi mahasiswa di IAI, dan ujian sertifikasi.  Ketua Prodi Akuntansi Unwar, Ni Nengah Seri Ekayani, SE, MSi, Ak, CA mengemukakan bahwa melalui IAI Affiliated Campus Program, Prodi Akuntansi Unwar memastikan selalu mengikuti perkembangan terbaru akuntansi dan keprofesian akuntan, serta berkomitmen menjaga kualitas pendidikan akuntansi yang dikelolanya sekaligus kualitas lulusannya. Prodi Akuntansi Unwar merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di wilayah Bali yang telah bekerjasama dengan IAI dalam IAI Affiliated Campus Program.  Untuk menjaga kompetensi lulusan, melalui IAI Affiliated Campus Program, Prodi Akuntansi Unwar mengikutsertakan mahasiswanya untuk mengikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan IAI. 
Sebagai bagian dari implementasi IAI Affiliated Campus Program, Prodi Akuntansi Unwar pada tanggal 10-11 Agustus 2015 menyelenggarakan Train For Trainer Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar (US KAD) dan Ujian Sertifikasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (US PSAK).  Train For Trainer menghadirkan narasumber Yakub, SE, MSi, Ak, CA yang merupakan Direktur Pengembangan Kompetensi dan Implementasi Standar IAI.   Kegiatan selama dua hari tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unwar, I Gusti Lanang Putu Tantra, SE, MSi, dan diikuti oleh seluruh akuntan pendidik Prodi Akuntansi Unwar serta beberapa akuntan pendidik Prodi Akuntansi PTS lainnya di sekitar Denpasar.   Yakub, SE, MSi, Ak, CA mengemukakan bahwa US KAD merupakan ujian sertifikasi yang mengukur keahlian dalam memahami dan menjelaskan kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan, mengidentifikasi transaksi-transaksi yang terdapat dalam laporan keuangan, menyusun dan menyajikan laporan keuangan sesuai dengan siklus akuntansi, serta melakukan analisa dasar laporan keuangan. Sedangkan US PSAK merupakan ujian sertifikasi yang mengukur keahlian dalam memahami dan menjelaskan kerangka dasar penyajian laporan keuangan sesuai dengan PSAK, mengaplikasikan ke dalam praktek konsep penyusunan laporan keuangan sesuai dengan PSAK, serta menyusun laporan keuangan sesuai dengan PSAK.
Train For Trainer US KAD dan US PSAK mengakhiri rangkaian kegiatan yang telah dilakukan Prodi Akuntansi Unwar sebelumnya.  Sebelumnya, pada tanggal 30-31 Juli 2015, Prodi Akuntansi Unwar telah menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Dengan Mengacu Pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dengan narasumber Silvy Dewajani, PhD dari Ristekdikti, yang dilanjutkan dengan Workshop Pengembangan Kurikulum dan Silabus Akuntansi dengan narasumber Dr. Dwi Martani, MM, Ak, CA pada tanggal 7 Agustus 2015.  Prodi Akuntansi Unwar bekerjasama dengan IAI juga sebelumnya telah menyelenggarakan Seminar Nasional PSAK Terkini Sesuai Dengan Program Konvergensi IFRS dan Penerapannya Sesuai Buku PSAK Per 1 Januari dengan narasumber Dr. Drs. Herkulanus Bambang Suprasto, SE, MSi, Ak, CA, Dr. Dwi Martani, MM, Ak, CA, dan Dr. Maria Mediatrix Ratnasari, SE, MSi, Ak pada tanggal 6 Agustus 2015.